Pak Ben, Warga Puri Pamulang Berharap Jembatan yang Ambrol Diganti Baru!

Sebuah jembatan yang berlokasi di perumahan Puri Pamulang, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, ambrol saat dilintasi oleh mobil Truk bermuatan pasir pada Rabu (4/5) siang.

Akibat ambrolnya jembatan pada jalan utama di perumahan tersebut, aktivitas warga sekitar jadi terhambat gegara harus mencari jalan alternatif lain untuk melintas dengan roda dua maupun roda empat.

Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga (SDABMBK) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Robby Cahyadi mengatakan, merespons hal itu pihaknya langsung mengirimkan dua alat berat.

Robby menjelaskan, kehadiran dua alat berat milik dinas yang ia pimpin tersebut untuk membersihkan puing-puing pada jembatan yang ambrol.

Menurut Robby, hal tersebut juga sebagai upaya pihaknya dalam melakukan penangan banjir akibat jebolnya tanggul di kawasan yang sama beberapa hari yang lalu.

“Kita lakukan pengangkatan puing sisa gorong-gorong yang amblas, agar tidak menghambat aliran air. Soalnya, kali (sungai) itu kan kemarin meluap,” ujar Robby dilansir dari Radartangselcom, Rabu (4/5) petang, via Selular.

Robby menambahkan bahwasanya Pemkot Tangsel melalui DSDABMBK akan melakukan perbaikan atas jembatan ambrol tersebut sebagai langkah berikutnya.

“Selanjutnya kita akan rencanakan konstruksi gorong-gorong pengganti dengan desain yang sesuai,” tambah Robby.

Sementara, Ketua RT 001 RW. 09, Hendry Luhukay (56) mengatakan, jembatan yang berlokasi di lingkungannya itu telah berusia puluhan tahun.

Menurut Hendry, warga berharap bahwa Pemkot Tangsel segera memperbaiki atau membuatkan jembatan baru seperti jembatan yang telah dibangun sebelumnya.

“Kita sebagai warga, ini yang kita harapkan. Karena sudah 20 tahun ini, kita belum tahu, jembatan itu sudah lama, dan kalau dinas akan bantu menggantikan dengan yang lebih baik untuk kemudian hari, seperti pasang gorong-gorong atau pembuatan jembatan seperti yang sudah ada disampingnya,” katanya.

Hendry mengungkapkan, selama ini warga senantiasa diliputi perasaan was-was dan khawatir setiap kali melewati jembatan yang ambrol tersebut.

“Untuk kedepanya, (jika sudah dibangun jembatan baru-red) masyarakat sudah tidak takut atau warga Puri juga enak melewati jalannya,” tandas Hendri, saat ditemui Radartangsel.com tak jauh dari lokasi jembatan ambrol.

Senada, warga sekitar bernama Komariah (50) menambahkan bahwa jembatan yang ambrol tersebut merupakan jembatan yang dibuat oleh developer perumahan 20 tahun yang lalu.

Ada dua jembatan di kanan dan kiri. Pada tahun 2020, jembatan sebelah kiri yang dipergunakan oleh warga keluar masuk ke dalam komplek telah lebih dulu diperbaiki oleh Pemkot Tangsel.

“Jembatan yang satu sempat lama juga ditutup, ga dipakai sama warga. Tapi tahun 2020, dibangun menjadi bagus sama Dinas,” terang Komariah.

“Nah, yang ini sekarang ambrol sudah pernah juga kita ajukan. Tapi mudah-mudahan ini pas ambrol bisa realisasi, jadi dua-duanya jembatannya bagus,” tukas Komariah. (Dmy)

Editor : Asep Sundja

Related Posts