Bencana / Musibah

“ATC tidak akan melayani adanya permintaan ijin take off dan landing pesawat tanpa adanya ijin "

Soal Pesawat Hantu AirAsia, Menhub Harus Periksa Dirjen Perhubungan Udara

Firmansyah | Selasa, 06 Januari 2015 - 13:18:21 WIB | dibaca: 9222 pembaca

Mantan Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal berharap Menteri Perhubungan Ignasius Jonan memeriksa dan menindak tegas pegawainya khususnya jajaran Direktorat Jenderal (Ditjen)  Perhubungan Udara jika benar pesawat QZ8501 milik AirAsia terbang secara ilegal tanpa ijin rute.

“Ini namanya pesawat hantu (ghost airplane) bisa terbang tanpa pengawasan dan ijin dari pemerintah,” ujar Jusman.

Dia mempertanyakan sebelum memberikan.sanksi pembekuan sementara, apakah direktur operasi maskapai telah diperiksa? Apa kepala bandara dan otoritas Juanda sudah diperiksa? Apa direktur pemberi ijin rute juga telah  diperiksa, apa slot coodinator juga sudah diperiksa.

Menurut pria plontos ini, keterangan tertulis Kapuskom Kemenhub JA Barata yang merilis pembekuan ijin rute AirAsia yang dianggap melanggar persetujuan rute menyentak semua pihak termasuk keluarga korban dan dianggap terlalu cepat tanpa mempertimbangkan dampak psikologis maupun dampak lainnya.

JA.Barata Kapuskom Kemenhub sebelumnya menyatakan  AirAsia QZ8501 yang terkena musibah memiliki izin untuk terbang dengan rute Surabaya-Singapura pada hari Minggu. Izin diberikan hanya untuk empat hari, yakni Senin, Selasa, Kamis dan Sabtu.

Jusman menyambut baik pemberian sanksi jika benar ada pelanggaran, hanya saja.waktunya tidak tepat dan sangat terburu-buru disaat banyak pihak tengah berduka, disamoing itu tata cara pemberian sanksi itu diperiksa dengan seksama. Apakah memang telah melalui penyelidikan yang mendalam dan telah dilakukan investigasi terhadap aparat perhubungan itu sendiri, sehingga tidak terkesan negatif. sumber:poskotanews

Menurutnya, tidak mungkin ada pilot yang berani terbang jika tidak ada izin rute yang resmi. Tidak mungkin pula counter check in dan gate dibuka oleh manajer Bandara Juanda jika tidak ada izin slot yang resmi. Apalagi jika tidak ada clearance kelaikan udara dan clearance manifest dari otoritas penerbangan.

“ATC tidak akan melayani adanya permintaan ijin take off dan landing pesawat tanpa adanya ijin lebih dulu. Apalagi bandara yang dituju adalah Changi Singapura yang terkenal sangat ketat. Tak mungkin mereka mau menerima,” terang mantan Menhub ini.

Menurutnya, sulit dipercaya kalau ada pesawat bisa terbang tanpa diketahui otoritas penerbangan. Kalau itu terjadi berarti ada aparat yang nakal. Bagaimana dengan pengawasan pemerintah, jagan sudah terjadi musibah baru ditindak.

“Saya terus terang geleng kepala tak habis fikir. Kok bisa begitu ya ? Apa tak terburu buru menjatuhkan sanksi pembekuan rute ? Kalau benar itu yang terjadi , ini disebut “Ghost Airplane” (pesawat hantu), bisa menjual tiket dan bisa terbang  tanpa dokumen resmi, dan manifest. Kenapa bisa diberikan penggunaan slot serta gate check dan counter di Bandara,” tanya Jusman keheranan. (dwi)










Komentar Via Website : 38
Obat Untuk Mengatasi Luka Lecet Pada Payudara
24 April 2017 - 09:07:45 WIB
Terima kasih informasinya. Kunjungi juga situs kami > https://goo.gl/f7t5Ig <
Obat Lecet Pada Puting Payudara
27 April 2017 - 08:08:35 WIB
good morning | https://goo.gl/MyiB14 |
Obat Pilose Antler Capsule Green World
05 Mei 2017 - 15:08:02 WIB
Informasi yang sangat keren, tidak pernah menyesal berkunjung ke sini | https://goo.gl/XJ3AX2 -- https://goo.gl/kLpPqk -- https://goo.gl/L6PzED -- https://goo.gl/tWew4u |
Obat Deep Sea Fish Oil Softgel Green World
29 Mei 2017 - 11:46:37 WIB
Terima kasih atas berita-beritanya > https://goo.gl/8rvft2 || https://goo.gl/xYYvyy || https://goo.gl/GEh5WC <
Obat Deep Sea Fish Oil Softgel Green World
29 Mei 2017 - 11:47:49 WIB
Terima kasih atas berita-beritanya > https://goo.gl/8rvft2 || https://goo.gl/xYYvyy || https://goo.gl/GEh5WC <
daun sehat
07 Juli 2017 - 10:48:01 WIB
terima kasih gan http://daunsehat.web.id/
cara mengobati pilek bertahun-tahun
11 Juli 2017 - 08:42:39 WIB
kenapa ini begitu membantu sekali ya, saya sangat berterima kasih http://ow.ly/CoX230dwx7G


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)