Hiburan

Kisah sukses Susanto sulap sikat & limbah ijuk jadi produk seharga Rp 25 juta

Firmansyah | Kamis, 28 September 2017 - 07:33:12 WIB | dibaca: 227 pembaca

Kreativitas manusia tidak bisa dibatasi untuk menghasilkan produk yang mempunyai nilai jual. Hal tersebut dialami sendiri oleh pemilik kerajinan tangan CreaBRUSH, Susanto. Awalnya, Susanto hanya iseng mengubah sikat menjadi sebuah replika binatang, motor gede dan berbagai bentuk lainnya.

Susanto bercerita, awalnya dia hanya ingin membuat sikat menjadi sebuah karya yang memiliki nilai jual lebih. Dia bersama rekannya-pun langsung bergerak dan memasarkan produk tersebut kepada tetangga dan teman.

"Awalnya kami buat sikat, melihat keadaan pasar kami coba berpikir sikat jangan hanya dijual sebagai sikat. Ini bisa kami alih fungsikan menjadi produk-produk yang lain yang memiliki nilai jual lebih," ujar Susanto di Pameran Kriyanusa, JCC Senayan, Jakarta, Rabu (27/9).

Susanto mengatakan, karya miliknya memang tidak langsung diterima oleh masyarakat. Sebagai produk baru, masyarakat masih butuh pengenalan. Namun tidak patah semangat, pihaknya lalu membawa karya tersebut ke pameran-pameran.

"Kami buat coba-coba jadi satu, tawarin ke orang, awalnya nggak ada yang mau beli. Lalu kami buat dalam jumlah banyak dan kami bawa ke pameran ternyata barang habis. Lalu kami pikir kenapa tidak dikembangkan," jelasnya.

Nalai replika yang dibuatnya pun kini memiliki harga yang cukup tinggi. Harganya dibanderol antara Rp 20.000-Rp 50.000 untuk replika binatang. Sementara untuk replika lainnya, disesuaikan dengan pesanan pelanggan dan kesulitan pembuatan.

Selain memproduksi sikat menjadi aneka bentuk, Susanto bersama rekannya kemudian membidik bisnis lain yaitu membuat lukisan dari sabuk ijuk kelapa yang merupakan limbah. Perlahan tapi pasti, dengan pemasaran yang dilakukan secara terus menerus, produk lukisan berbahan dasar sabuk ijuk kelapa miliknya disukai oleh masyarakat.

"Lukisan kita buat juga, pembuatannya antara 2 minggu sampai 3 minggu. Paling cepat 2 minggu. Kita kerjakan sendiri, tidak diberikan kepada karyawan karena akan berbeda hasilnya kalau diberikan kepada orang lain," jelasnya.

Untuk harga lukisan sendiri, pemilik CreaBRUSH mematok harga sebesar Rp 5 juta sampai Rp 25 juta tergantung bentuk lukisan dan lama pengerjaan yang dibutuhkan. "Kalau lukisan kita, berkisar harga Rp 5 juta sampai Rp 25 juta ya. Tergantung yang mau dibuat apa, dan butuh bahannya berapa banyak," jelasnya.

Susanto mengatakan pemasaran produk CreaBRUSH lebih banyak dilakukan di dalam negeri. Namun tidak jarang pelanggan dari luar negeri turut memesan. Bahkan, dirinya pernah menolak pesanan dari luar negeri karena alasan tenaga kerja yang kurang.

"Luar negeri bagus tapi pengerjaannya kami yang terkendala. Pernah pameran di Bali, ada orang Brasil order dalam jumlah banyak. Tidak sesuai dengan kemampuan kita mengerjakan dalam tenggang waktu yang ditargetkan, ya sudah tolak tidak sanggup kita kerjakan," jelasnya.

Susanto menambahkan, saat ini sabuk ijuk kelapa bukan lagi limbah karena semakin banyak dimanfaatkan oleh orang. Harga sabuk ijuk kelapa sendiri kini telah mencapai Rp 15.000 per kilogram.

"Banyak kita dianggap limbah, namun bisa dimanfaatkan. Sabuk kelapa ini contohnya, sekarang bukan lagi limbah karena harga-nya telah melebihi harga beras. Harga per kg itu Rp 15.000 per kg. Ke depan mungkin akan semakin naik lagi, kalau semakin banyak kegunaannya," tandasnya. [idr] sumber:merdeka










Komentar Via Website : 39
Pantangan Makanan Luka Infeksi
03 Oktober 2017 - 13:35:00 WIB
informasi yang menarik, semoga selalu konsisten dalam menyajikan informasi yang menarik lainnya http://goo.gl/W4RVE9 | http://goo.gl/VfK3Rh | http://goo.gl/kvi7zt | http://goo.gl/G6Tb4y
Anjuran dan Pantangan Makanan Infeksi Telinga
03 Oktober 2017 - 15:38:16 WIB
Terima kasih sudah berbagi berita menarik dan informatif dengan kami :) | https://goo.gl/hhGewR | https://goo.gl/mqDbGT | https://goo.gl/z8RGKy | https://goo.gl/BmCs3d | https://goo.gl/on9UPH | https://goo.gl/Ttaq2M |
Obat Kanker Tulang Stadium 4
04 Oktober 2017 - 09:12:22 WIB
sajikan terus berita menarik lainnya min http://goo.gl/7489W7 | http://goo.gl/nMHTbQ | http://goo.gl/Xr46BA
Obat Salep Untuk Luka Lecet Di Kemaluan Wanita Di Apotik
05 Oktober 2017 - 09:39:07 WIB
Terimakasih atas informasinya http://goo.gl/riTfXi
Obat Penghancur Kista Di Apotik
05 Oktober 2017 - 10:27:18 WIB
Sembuhkan Secara Tuntas http://goo.gl/n4UvDK
sehat alami herbal
06 Oktober 2017 - 10:04:55 WIB
Obat Mata Minus Di Apotik
06 Oktober 2017 - 10:08:34 WIB
Solusi Pengobatan Alami Mata Minus >> http://goo.gl/awRJ4z
Cara Membuat Masker Kunyit Untuk Wajah Berjerawat
06 Oktober 2017 - 15:33:49 WIB
Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Masker Kunyit >> http://goo.gl/uGonzn


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)