Kriminal

Marak Kriminalitas, Sosiolog: Jangan Cuma Pembangunan Fisik, Manusianya Juga Harus Dibangun

Firmansyah | Jumat, 13 Januari 2017 - 08:50:17 WIB | dibaca: 1404 pembaca

Peristiwa pembunuhan beruntun yang terjadi akhir-akhir ini di Ibu Kota menambah keresahan warga. Mulai dari perampokan di Pulomas, pembunuhan mahasiswi Universitas Esa Unggul, hingga yang terbaru ialah pembunuhan mahasiswi Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Guru Besar Sosiologi Universitas Ibnu Chaldun Jakarta, Musni Umar mengatakan, bila melihat latar belakang kasus-kasus tersebut, umumnya cenderung didasarkan motif ekonomi.
Menurutnya, maraknya aksi kriminalitas melalui perampokan dan pembunuhan disebabkan adanya jurang pemisah bernama kesenjangan. Di Jakarta, tingkat kesenjangan itu begitu tinggi.

"Dalam realitas orang miskin itu sama sekali tidak berkurang, bahkan bertambah. Terlebih ekonomi juga sedang tidak baik. Jadi artinya kemiskinan itu semakin menjadi-jadi apalagi sekarang sembako mahal, cabai saja tidak bisa diatasi. Inilah yang membuat kriminalitas bertambah," kata Umar saat berbincang dengan Okezone, Jumat (13/1/2017).

Ia menerangkan, pemerintah saat ini luput terhadap pembangunan manusia dan cenderung melakukan pembangunan fisik saja. Hal itulah yang kemudian menjadi persoalan dan erat kaitannya dengan kriminalitas.

"Kita ini bangun fisik terus, tapi lupa tidak bangun manusianya. Kalau manusianya tidak dibangun, akhirnya tetap saja menganggur, tidak ada kerjaan, maka ini merembet ke mana-mana menimbulkan banyak masalah sosial," ujarnya.

Muniarti (22), mahasiswi UMJ yang tewas itu diduga dibunuh oleh kakak kandungnya berinisal AR (31). Diduga, hal itu dipicu oleh adanya masalah warisan dari orangtua.

"Itu juga motifnya ekonomi kan. Motifnya karena ingin mendapatkan harta warisan. Jadi orang itu akhirnya melakukan apa saja untuk mendapatkan uang," tukas Umar.

Oleh karenanya, Rektor Universitas Ibnu Chaldun Jakarta itu memberi saran agar pembangunan manusia dapat dilakukan disamping pembangunan fisik dalam rangka mengurangi tingkat kriminalitas di Ibu Kota.

"Inilah menurut saya pentingnya pendidikan berbasis soft skill. Seseorang itu harus ditumbuhkan dalam hidupnya mencintai sesama, bekerjasama, peduli dengan orang lain. Saat ini kita melahirkan homo homini lupus, jadi manusia yang buas, ini yang kita saksikan di masyarakat," ungkap dia.

Seperti diketahui, kejadian demi kejadian pembunuhan terus terjadi di Ibu Kota. Misalnya, pada 26 Desember 2016 pembunuhan sadis terjadi di Jalan Pulomas Utara Nomor 7A RT Kayuputih, Pulogadung, Jakarta Timur.

Sebanyak 11 orang menjadi korban para pelaku, bahkan enam di antaranya meninggal dunia dan lima mengalami luka-luka.

Kemudian pembunuhan kembali terjadi pada 9 Januari 2017, Tri Ari Yani Puspo Arum (22) ditemukan tewas di kos-kosannya yang terletak di Jalan H Asmat, Ujung, Perumahan Kebon Jeruk Baru, Jakarta Barat. Mahasiswi Universitas Esa Unggul itu tewas dengan sejumlah luka tusukan di leher.

Tak lama, keesokan harinya Murniati (22) seorang mahasiswi UMJ ditemukan tewas di rumahnya di Jalan Makmur, Pondok Rangon, Cipayung, Jakarta Timur. Ia ditemukan tewas pada Selasa 10 Januari 2017, dan pembunuhnya kakak kandungnya sendiri. sumber:okezone










Komentar Via Website : 77
Obat Embio Paru Herbal Jelly Gamat Efektif Atasi Embio Paru
13 Januari 2017 - 09:16:21 WIB
Semakin hari tindak kriminal semakin menghantui, pendidikan moral sangat diperlukan untuk membangun manusia yang bertanggung jawab
https://goo.gl/Xve3Xr | https://goo.gl/5zDdaF | https://goo.gl/phsJA7 | https://goo.gl/vUvH6S | https://goo.gl/Z85e7R
nama obat kolitis ulseratif alami
13 Januari 2017 - 10:47:56 WIB
Banyak sekali informasi yang saya peroleh dari artikel ini. http://gg.gg/4by0n
Khasiat Pisang Untuk Maag
14 Januari 2017 - 09:58:19 WIB
sangat menarik dan isinya juga informatif sekali untuk di baca ^_^ | https://goo.gl/sr912N | https://goo.gl/YVuuXF | https://goo.gl/fDJyTr | https://goo.gl/ORPBly |
obat infeksi usus dan lambung
14 Januari 2017 - 13:53:38 WIB
sukses selalu dalam menyajikan berita informatifnya http://goo.gl/eA0HDc
obat haid berlebih
14 Januari 2017 - 15:02:32 WIB
Terima kasih, informasinya sangat berguna sekali

https://goo.gl/tS7cFC
cara menghilangkan dermatofibroma secara tradisional
16 Januari 2017 - 09:54:37 WIB
Lanjutkan artikel terbaru lainnya. http://gg.gg/4c43c
Cara mengobati sakit gigi secara alami
16 Januari 2017 - 13:13:56 WIB
sangat bermanfaat dan menambah wawasan untuk mengobati https://goo.gl/WLwZ0T
Obat Penurun Gula Darah Di Apotik
16 Januari 2017 - 15:12:37 WIB
terima kasih atas sajian informasinya http://goo.gl/DCuVbj
AwalKembali 123... 8 Lanjut Akhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)